A. Belajar Efektif
1. Pengertian Belajar
Efektif.
Belajar efektif adalah
cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai dari belajar itu
sendiri, sesuai dengan kompetensi dasar dari materi yang diajarkan. Misalnya,
siswa dapat melakukan operasi perkalian dan mampu menjawab soal gurunya dengan
baik dan benar.
2. Persiapan Belajar
Efektif.
Agar belajar menjadi
efektif ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu:
1) Tumbuhkan motivasi
untuk belajar, dengan pertanyaan berikut: 'mengapa saya harus belajar, untuk
apa saya belajar?
2) Buatlah jadwal
belajar yang rutin dan teratur, misalnya setiap hari ada tiga kali waktu untuk
belajar (siang hari pkl 14.00- 16.00, malam hari pkl 19.00-21.00, dini hari pkl
03.30-05.00).
Dalam menetapkan jadwal
pelajaran, ada dua hal yang harus dipertimbangkan yaitu: Sesuaikan jenis
pelajaran yang akan dipelajari dengan waktu belajar yang sudah ditetapkan,
misalnya: waktu siang untuk mengulang, malam untuk pelajaran eksak
Matematika/IPA, dini hari untuk hapalan. Porsi belajar di sekolah dan di rumah
harus seimbang, artinya jika pelajaran matematika di sekolah belajar 3 x
seminggu, maka di rumah pun harus belajar 3 x seminggu. Jika jadwal belajar
sudah dibuat, maka hendaklah dipatuhi dan dilaksanakan. Belajar sedikit-sedikit
tapi rutin masih lebih efektif daripada belajar banyak tetapi tidak rutin.
Lakukan prinsip : 6 x @
2 jam seminggu = 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam
Hindarkan prinsip : 2 x
@ 6 jam seminggu = 6 jam + 6 jam
3) Siapkan fasilitas
belajar, seperti tempat belajar, alat tulis, buku catatan dan latihan, buku
pelajaran dan alat bantu belajar.
4) Jaga stamina baik
fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah) agar tetap kondisi prima dan berdoa.
Kiat Belajar
Matematika yang Efektif.
1) Belajar Matematika
di Sekolah, dengan mengikuti kaidah SMART, yaitu siapkan pelajaran dengan baik,
seperti perlengkapan belajar dan PR; menyimak uraian yang disampaikan oleh guru
dengan baik dan konsentrasi.
Aktif bertanya jika ada
uraian yang tidak jelas.
Rajin sekolah dan rajin
mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan. Tulislahlah kembali rangkuman
materi dan rumus yang diterangkan oleh guru.
2) Belajar Matematika
di Rumah, dengan mengikuti kaidah CERDAS, yaitu: Catat teori, konsep, dan rumus
Matematika sebagai rangkuman materi. Efisien dalam mengelola waktu, dan efektif
setiap kali belajar. Rajin mengerjakan soal latihan dalam jumlah banyak
termasuk PR. Disiplin belajar, teratur, dan konsisten. Aktif bertanya kepada
teman yang pandai atau guru mengenai soal latihan yang sulit. Serahkan kepada
Tuhan Yang Maha Kuasa segala masalah melalui doa dan bertawakal.
Mengembangkan Sikap
Positif Terhadap Belajar
1) Yakin dapat berhasil
dalam kegiatan belajar.
2) Belajar menemukan
(membuktikan) atau mencari sesuatu yang ditugaskan.
3) Siap menanggung
resiko (tidak putus asa) bila belajat tidak berhasil.
4) Jika tidak berhasil
tetapi tetap tekun, karena ketekunan merupakan awal keberhasilan.
B. Kiat Mengatasi
Kesulitan Belajar
Beberapa langkah cara
mengatasi kesulitan belajar, diantaranya:
1. Melakukan diagnosa
berdasarkan indikasi kesulitan belajar , seperti nilai dibawah rata-rata kelas,
prestasi belum tercapai dan perasaan siswa (tidak konsentrasi).
2. Pahami jenis
kesulitan belajar dan sumbernya.
3. Tentukan jenis
bimbingan belajar yang tepat.
4. Tetapkan kepada
siapa harus berkonsultasi; guru, psikolog, psikiater, atau konselor.
5. Melakukan evaluasi.
6. Lakukan perbaikan
untuk meningkatkan prestasi belajar sesuai potensi yang dimiliki.
C. Trik Belajar Efektif
1. Belajar untuk
persiapan ulangan.
Pilihlah pelajaran yang
lebih urgent/mendesak untuk dipelajari.
Pilihlah hanya pokok
bahasan atau sub pokok bahasan dari pelajaran yang belum dikuasai denang baik.
Buatlah ringkasan materi dari pokok bahasan yang pelajari, karena lebih praktis
dan efisien. Persiapan Mental (mengatasi gugup, kurang teliti, tergesa-gesa
perlu diusahakan meliputi tujuan, minat, percaya diri, dan ketekunan dalam
belajar).
2. Pada saat ulangan
atau ujian.
Periksa seluruh lembar
soal dan perhatikan petunjuk pengerjaan pengisian.
Bandingkan jumlah soal
dengan alokasi waktu yang diberikan, misalnya naskah 40 soal selama 2 jam (120
menit) artinya 1 soal dikerjakan rata-rata 3 menit (120 : 40). Kerjakan soal
yang mudah terlebih dahulu. Pada soal pilihan ganda, jawablah dengan cara smart
(singkat dan tepat), untuk soal esai jawablah secara rinci dan jelas.
Manfaatkan waktu yang tersisa untuk memeriksa seluruh soal dan jangan
terpengaruh oleh peserta lain dalam menjawab soal, lebih baik percaya diri.
0 comments:
Posting Komentar