Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengantar Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis merupakn suatu proses sosial yang dilakukan leh individu maupun kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai untuk mendapatkan manfaat dan atau keuntungan.

Dalam proses sosial, dibedakan menjadi proses sosial positif dan proses sosial yang negatif. Proses sosial yang positif di dalam bisnis, terdapat dua bagian lagi yakni, interelasi dan interaksi. Interelasi merupakan hubungan yang terjalin hanya melalui satu arah, tanpa adanya prses timbal balik antar produses dan konsumen. Sedangkan Interaksi adalah suatu hubungan yang saling membutuhnkan, bersifat lestari, dan cenderung dalam jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan proses interelasi. Proses interaksi inilah yang sebaiknya terjadi antara pebisnis dan konsumennya. Berhasil tidaknya suatu bisnis juga tergantung pada proses interaksi dalam bisnis tersebut. 

Pola bisnis yang terjadi pada kalangan saat ini dibedakan menjadi 3, yang pertama adalah pola bisnis antara individu dengan individu. Contohnya pola yang diterapkan pada pasar tradisional, dimana pola bisnis yang terjadi langsung antara seorang konsumen dengan seorang penjual di pasar tersebut. Yang kedua adalah pola bisnis antara individu dengan kelompok. Dalam pola ini, kelompok yang dimaksud bisa berkembang menjadi suatu intuisi misalnya bank. Jadi pola ini biasanya terjadi antara nasabah suatu bank dengan bank tersebut. Dan pola yang terakhir adalah pola antara kelompok dangan kelompok. Contohnya antar suatu bank. Misalnya bank A membutuhkan suatu dana dan akhirnya bank A bekerja sama dengan bank B yang akan membantu modal untuk bank A.

Utility Of Time
Investasi yang bergantung pada waktu.
ex: Investasi emas dan properti

Utility Of Place
Investasi yang bergantung pada tempat
ex: Investasi properti

Utility Of Form
Investasi yang bergantung pada bentuk
ex: Bisnis perabotan dari rotan


Utility Of Posession
Investasi yang bergantung kepemilikan
ex: Bisnis rental



0 comments:

Posting Komentar